Chat with us, powered by LiveChat

Daftar Gaji Para Pelatih Piala Dunia 2018 dari Tertinggi Hingga Terendah

Selain para pemainnya, di Piala Dunia Rusia 2018 ini juga mempunyai berita menarik lain yaitu mengenai para pelatih. Di tiap laga, tentu mereka mempunyai peran besar bahkan tidak hanya melatih pemain saja melainkan mengurus berbagai macam hal, mulai dari keperluan, fasilitas latihan, menentukan formasi dan startegi dan lain sebagainya. Ketika suatu tim sepak bola negara tertentu berhasil menjuarai trofi kemenangan, yang pertama kali disorot sudah pasi sang pelatih. Begitu pula sebaliknya saat harus merasakan kekalahan dimana mereka akan jadi bulan-bulanan masyarakat dan para penggemar karena dianggap tak becus mendidik anak buah. Hal ini seperti makanan wajib bagi mereka sehingga setiap kali turnamen Piala Dunia dimulai, dari beberapa tahun sebelumnya pelatih harus mempersiapkan pemain tim dengan sangat baik.

Muncul Fakta Menarik dari Para Pelatih Piala Dunia

Kalau para pelatih kondang dengan segala macam prestasi maupun pengalaman di bidang sepak bola tentu sudah jadi berita biasa. Selama Piala Dunia 2018 berlangsung, banyak hal unik serta menarik yang bisa dilihat, salah satunya adalah penampilan dari pelatih tiap timnas negara peserta. Ada banyak sekali yang menarik perhatian, adapun beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Joachim Low
    Siapa yang tidak mengenal pelatih asal timnas Jerman yang fenomenal ini? Hampir semua tingkah Joachim Low mengundang perhatian masyarakat dan media massa selalu menangkap berbagai momen unik dari sang pelatih. Salah satunya saat pertandingan Piaal Dunia Rusia 2018 kemarin dimana Low tertangkap kamera tengah melakukan tindakan jorok seperti mengupil, menggaruk pantat ataupun alat kelaminnya.
  2. Gareth Southgate
    Pelatih dari timnas Inggris ini begitu disorot publik karena gaya berpakaiannya bak model, begitu fashionable. Padahal pelatih lain kemungkinan besar akan mengenakan kostum seadannya saja seperti jas, celana, dan sepatu forma. Berbeda dengan Southgate dimana ia terlampau memperhatikan dari bagian rambut hingga ujung kaki sehingga nampak begitu ptofesional.
  3. Aliou Cisse
    Nah, lain lagi dengan Aliou Cisse, merupakan pelatih termuda dalam laga Piala Dunia 2018 di Rusia karena usianya 42 tahunan. Ia sudah lama menjadi pelatih timnas Sinegal dan dipercaya menggantikan manajernya pada tahun 2015 silam yaitu Alan Giresse. Hal menarik dari Cisse adalah penampilannya yang begitu nyentrik namun tetap stylish dengan rambut ikal panjang dan pakaian serba rapi. Gayanya tersebut banyak dipuji berbagai pihak sehingga tak heran jika namanya langsung populer begitu saja.

Berapakah Gaji dari Para Pelatih Piala Dunia 2018?

Selain berbagai fakta dan berita menarik mengenai penampilan pelatih timnas di Piala Dunia 2018, ada lagi satu hal yang dipertanyakan masyarakat luas yaitu mengenai besarnya gaji atau pendapatan mereka. Sebenarnya hal tersebut memang kurang pantas diketahui karena merupakan salah satu bentuk privasi. Akan tetapi bukan menjadi rahasia lagi karena mereka menjadi pelatih tim-tim kondang peserta turnamen bergengsi di seluruh dunia maka tidaklah heran jika banyak media membeberkan pendapatan tiap bulannya.

Sempat pula tersiar kabar jika ada persaingan mengenai gaji antar pelatih satu timnas dengan lainnya. Bahkan beberapa pihak menjadikannya sebagai patokan seberapa bagus kualitas para pemain di lapangan berdasarkan pendapatan pelatihnya. Jadi semakin besar dan mahal maka otomatis pelatih tersebut merupakan seseorang profesional, berpengalaman dan prestasinya bagus. Dengan kata lain tim yang digarapnya mempunyai kesempatan besar untuk melaju ke babak final Piala Dunia 2018.

Bicara soal berapa gaji mereka, secara ideal jika berasa dari negara-negara kaya maka pendapatan pelatih juga besar. Misalnya saja timnas wilayah Eropa yang memang begitu peduli serta memperhatikan sektor olahraga sepak bolanya. Tidak hanya mengenai gaji saja melainkan pemerintah Eropa sangat mendukung adanya fasilitas latihan, teknologi canggih dan keperluan lainnya untuk menujang pemain agar bisa berkembang pesat. Dengan jumlah gaji tinggi maka sangat diharapkan memberikan motivasi bagi para pelatih untuk bersungguh-sungguh dalam mendidik calon pemenang di pertandingan tersebut. Supaya tidak penasaran, coba perhatikan daftar pendapatan tiap pemain dari 32 timnas negara yang jadi peserta Piala Dunia 2018 berikut ini!

1. Jerman – Joachim Loew 4 juta euro (Rp66,3 miliar)
2. Brasil – Tite 3,6 jura euro (Rp59,6 miliar)
3. Prancis – Didier Deschamp 3,5 juta euro (Rp58 miliar)
4. Spanyol – Julen Lopetegui 3 juta euro (Rp49,7 miliar)
5. Rusia – Stanislav Cherchesov 2,6 juta euro (Rp43,1 miliar)
6. Portugal – Fernando Santos 2,3 juta euro (Rp38,1 miliar)
7. Iran – Carlos Queiroz 2 juta euro (Rp33,1 miliar)
8. Inggris – Gareth Southgate 2 juta euro (Rp33,1 miliar)
9. Argentina – Jorge Sampaoli 1,8 juta euro (Rp29, 8 miliar)
10. Uruguay – Oscar Tabarez 1,740 juta euro (Rp28,8 milar)
11. Mesir – Hector Cuper 1,550 juta euro (Rp25,7 miliar)
12. Kolombia – Jose Pekerman 1,5 juta euro (Rp24,8 miliar)
13. Arab Saudi – Juan Antonip Pizzi 1,5 juta euro (Rp24,8 miliar)
14. Australia – Bert van Marwijk 1,3 juta euro (Rp21,5 miliar)
15. Peru – Ricardo G 1,2 juta euro (Rp19,8 miliar)
16. Meksiko – Juan Carlos Osorio 1 juta euro (Rp16,5 miliar)
17. Belgia – Roberto Martinez 1 juta euro (Rp16,5 miliar)
18. Denmark – Age Hareide 1 juta euro (Rp16,5 miliar)
19. Swiss – Vladimir Petkovic 850 ribu euro (Rp14,1 miliar)
20. Jepang – Akira Nishino 800 ribu euro (Rp13,2 miliar)
21. Maroko – Herve Renard 780 ribu euro (Rp12,9 miliar)
22. Islandia – Heimir Hallgrimsson 700 ribu euro (Rp11,6 miliar)
23. Kroasia – Zlatko Dalic 575 ribu euro (Rp9,5 miliar)
24. Nigeria – Gernot Rohr 500 ribu euro (Rp8,2 miliar)
25. Swedia – Janne Andersson 450 ribu euro (Rp7,4 miliar)
26. Korea Selatan – Shin Tae-yong 425 ribu euro (Rp7 miliar)
27. Panama – Hernan Dario Gomez 400 ribu (Rp6,6 miliar)
28. Kosta Rika – Oscar Ramirez 350 euro (Rp5,8 miliar)
29. Tunisia – Nabil Maaloul 350 ribu euro (Rp5,8 miliar)
30. Serbia – Mladen Krstajic 300 ribu euro (Rp4,9 miliar)
31. Polandia -Adam Nawalka 270 ribu euro (Rp4,4 miliar)
32. Senegal – Aliou Cisse – 200 ribu euro (Rp3,3 miliar)

Dari data diatas, terlihat jelas kalau pellatih timnas Jerman yaitu Joachim Low berada di urutan paling atas dengan gaji tertinggi di dunia. Hal ini tidak mengejutkan sama sekali mengingat Jerman memang jadi tim paling hebat sepanjang sejarah, berhasil menang dan menduduki sebagai juara dunia berturut-turut. Akan tetapi, mahalnya gaji pelatih sama sekali tidak menjadi satu-satunya faktor utama kemenangan tim karena masih banyak faktor lain, seperti kondisi lapangan, kesehatan dan fisik pemain, keadaan mental, cuaca serta lingkungan sekitar, cidera, serangan lawan, taktik, dan lain sebagainya. Sebagai salah satu bukti, Anda dapat lihat sendiri bagaimana kekalahan dialami oleh Jerman ketika menghadapi Korea Selatan yang sebelumnya belum pernah sama sekali mencetak sejarah ataupun insiden kontroversial seperti kemarin.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat