Chat with us, powered by LiveChat

Mengetahui Secara Detail Pergerakan Pemain Piala Dunia Saat Pertandingan

Mengetahui Secara Detail Pergerakan Pemain Piala Dunia Saat Pertandingan

Serba-serbi hal mengenai Piala Dunia 2018 yang baru saja diadakan mulai tanggal 14 Juni kemarin sangat menarik perhatian masyarakat. Mulai dari fakta serta berita mengenai sang tuan rumah yaitu Rusia, jadwal pertandingan lengkap sampai dengan setap pemain dalam timnas suatu negara tertentu. Pastinya Anda maupun orang lain di berbagai wilayah mempunyai tim jagoan masing-masing bukan?

Turnamen sepak bola memang menjadi suatu ajang olahraga paling diminati sekaligus membuat penasaran. Meskipun Anda memfavoritkan suatu tim karena peforma mainnya bagus, namun belum tentu dapat memenangkan pertandingan Piala Dunia 2018. Ada banyak alasan serta faktor yang akan memengaruhi kondisi serta peforma tiap pemain di lapangan sehingga berdampak pada menang atau kalah. Oleh sebab itulah mengapa setiap negara akan mati-matian mencari cara maupun strategi untuk meningkatkan kemampuan timnya, mulai dari menggunakan pelatih profesional, pemain terbaik, memerhatikan formasi, dan paling penting adalah mengetahui pergerakan para pemainnya.

Pentingnya Mengetahui Pergerakan Pemain

Karena turnamen Piala Dunia bukan perlombaan olahraga main-main maka sudah jelas tiap tim beserta para pihak terkait melakukan berbagai macam cara supaya dapat menang. Bukan hanya masalah besarnya hadiah ataupun trofi legendaris World Cup saja melainkan karena popularitas dan berbagai keuntungan lainnya. Selain menggunakan latihan fisik guna membuat pemain mampu memberikan peforma terbaik, ada pula strategi rahasia yang diterapkan untuk mengukur aneka pergerakan mereka saat di lapangan.

Saat permainan dimulai tidak ada satupun orang mengetahui atau bahkan hanya memprediksi hal apa saja yang bakal terjadi. Pasalnya terdapat banyak faktor mempengaruhi peforma tiap tim tersebut. Contohnya saja seperti cuaca, suhu udaha di sekitarnya, kondisi fisik, adanya cidera, kelelahan dan lain sebagainya. Jika semua hal tersebut tidak mampu diketahui lebih dahulu maka dapat menghambat peluang kemenangan. Oleh sebab itulah mengapa tingkat kepekaan pihak-pihak di balik lapangan hijau begitu penting. Apabila terjadi sesuatu kondisi seperti salah satu pemain sudah terlihat kelelahan dan konsentrasinya hilang maka dapat langsung diadakan pergantian pemain secepatmungkin sehingga formasi kembali apik.

Kita bisa mengambil contoh dari timnas Jerman pada Piala Dunia 2014 silam dimana bagian analisisnya menggunakan training load. Data tersebut merupakan kombinasi dari data pergerakan lari pemain dan detak jantungnya sehingga pelatih dan tim lain tau betul kapan harus melakukan pergantian pemain, mengubah strategi ataupun tindakan lain. Uniknya lagi semua data fisik didapatkan melalui teknologi bernama MiCoach, semacam perangkan pelacak para olahragawan milik brand terkenal Adidas. Selain detak jantung, alat tersebut dapat menghitung jarak tempuh lari sampai kondisi kesehatan atau fisik tiap pemain.

Menggunakan Teknologi Canggih untuk Melacak Tiap Pemain

Teknologi pelacak disini bukan berart tiap pemain Piala Dunia harus dipasangi alat atau chip khusus pada badan. Akan tetapi berbagai macam perangkat elektronik pendukung yang mengontrol bahkan memprediksi pergerakan mereka selama bertanding di lapangan. Hal ini snagat berguna sekali supaya tim pendukung seperti analisis, medis, dan pelatihnya dapat mempersiapkan solusi terdepan ketika ada masalah.

Sudah muncul izin sejak bulan Februari 2015 jika IFAP atau Internatioanl Football Association Board selaku organisasi penyusun peraturan dan hukum permainan sepak bola dunia menyetujui adanya penggunaan sistem atau alat pelacak. Teknologi elektronik tersebut harus bersifat resmi dan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan supaya bisa diterapkan kepada tiap pemain dalam suatu timnas. Setelah keluar persetujuan tersebut maka pada Piala Dunia 2015 beberapa tim langsung menggunakan strategi baru yaitu memanfaatkan perangkat berteknologi canggih dan modern selama turnamen berlangsung. Kemudian pada Maret 2018 kemarin organisasi FIFA memberikan izin baru bagi tim analis sepak bola untuk mentransmisikan data serta melakukan komunikasi bersama pelatih selama berjalannya permainan.

Sementara itu adanya sistem pelacak dalam Piala Dunia mempunyai arti sebuah teknologi untuk memantau sekaligus meningkatkan peforma para pemain. Fungsi paling utamanya adalah melacak posisi bola dan pemain dalam berbagai kombinasi. Selain itu dapat pula mengukur kondisi kesehatan mereka, misalnya ketika ada yang mulai kelelahan, detak jantung meningkat, cidera dan sebagainya. Sistem itu dibentuk menjadi tiga versi, diantaranya GPS system, local positioning system ( merupakan sensor untuk mendeteksi pemain secara lokal), dan terakhir ada optical-based tracking system (rekaman video). Tak hanya berbentuk monitor di belakang lapangan saja melainkan ada yang dipakaikan ke tubuh pemain menggunakan tali perban elastis. Inilah nanti yang berfungsi memberikan informasi mengenai keadaan fisik mereka selama pertandingan. Adapun penjelasan secara rinci mengenai sistem pelacak tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Accelerometers, berguna untuk mengukur kecepatan lari pemain.
2. Gyroscopes, mengumpulkan semua data orientasi pemain.
3. Magnetometer, mengukur serta melacak kemana saja arah pergerakan pemain di lapangan.
4. Sensor heart-rate, menjadi alat pengukur pacu jantung yang dipergunakan sebagai bahan utama evaluasi pelatih tim. Dengan begitu ia dapat mengetahui pemain mana saja yang masih bugar, cocok jadi penyerang, andalan utama, atau perlu diganti.

Adanya Perangkat Tambahan Selama Pertandingan

Selain sistem pelacak yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa negara juga menggunakan perangkat tambahan seperti Apex. Alat yang satu ini mempunyai sistem pelacakan dengan teknologi GPS buatan STATSports dan dipasangkan pada tiap pemain. Keunggulannya amntara lain mempunyai GPS 18Hz, accelerometer 400Hz, dan berguna memprediksi pergerakan para atletnya. Bahkan alat tersebut mampu merekam semua pergerakan dalam 50 metrik dengan hasil data berbeda-beda. Adapun kegunaan Apex yang lain adalah menangkap segala macam pertanda mengenai tubuh pemain sepak bola. Sensor di dalamnya akan mengirimkan data mengenai kondisi fisik secara real-time karena terdapat sebuah komputer kecil untuk mensinkronkannya lewat online. Alat ini sendiri sudah lama dipakai oleh timnas Brasil sejak Piala Dunia 2015 bahkan hingga sekarang.

Tak hanya brand Apex saja, ternyata Apple Watch juga memiliki peran besar dalam pertandingan Piala Dunia sepak bola. Perangkat canggih dalam bentuk wearable ini dapat memantau pemain saat sedang berlatih maupun bergekiatan di luar turnamen. Ditambah lagi Apple Watch dilengkapi dengan banyak sensor sehingga dirasa sangat cukup untuk mengetahui pergerakan pemain dalam tiap laga. Adapun beberapa sistem tersebut seperti:

1. GLONASS dan GPS system
2. QZSS untuk mengetahui posisi tiap pemain
3. Barometric Altimeter, melacak dan mengukur posisi ketinggian
4. Heart-rate sensor untuk mengukur detak jantung pemain selama pertandingan.
5. Accelerometer, mengetahui setiap pergerakan dan arahnya
6. Gyroscope untuk mengukur orientasi pemain
7. Blood-oxygen sensor, supaya bisa mengukur berapa jumlah kandungan oksigen di dalam darah pemainnya.

Semenjak izin pemakaian perangkat dan sistem pelacak pada tahun 2015 silam maka sampai saat ini setiap tim memanfaatkannya untuk meningkatkan peforma pemain. Meskipun sudah berlatih keras dan menggunakan berbagai strategi khusus namun ada banyak faktor di lapangan yang dapat memengaruhi mereka. Oleh karena itulah mengapa penggunaan alat pelacak begitu penting karena dapat mengetahui secara pasti bagaimana kondisi tiap pemain selama permainan berlangsung. Dengan begitu para tim analis beserta pelatih dapat bergerak cepat jika terjadi suatu kendala dan menyiapkan solusi untuk mengatasinya. Terlebih lagi sekarang ini perkembangan teknologi dan gadget canggih sangatlah pesat sehingga muncul aneka macam fitur baru yang jauh lebih modern daripada sebelumnya. Hal ini tentu saja membuat periode Piala Dunia 2018 semakin seru karena tiap timnas dari negara tertentu menggunakan sistem pelacak juga.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat