Chat with us, powered by LiveChat

Pemain Tertua Dalam Sejarah Persepakbolaan

soccer

Menjadi pemain sepak bola tentulah bukan hal yang mudah. Cidera yang didapat saat pertandingan bisa saja membuat karir seorang pemain sepak bola tidak bertahan lama. Meski begitu, tidak sedikit pula pesepakbola yang sanggup “menembus batas” dengan tetap berkiprah di kancah profesional hingga kepala empat bahkan kepala lima! Berikut beberapa Pemain Tertua Dalam Sejarah Persepakbolaan:

Stuart Pearce

Mungkin ini tidak terbayangkan sekarang, tetapi Manchester City pernah mengalami krisis pemain di bangku cadangan pada tahun 2001 – ketika itu mereka dilatih oleh eks manajer Inggris, Kevin Keegan – sampai-sampai mereka harus memanggil full-back yang saat itu sudah berusia 41 tahun. Tetapi dalam perjalanan timnya untuk menjuarai Divisi Satu (sekarang Championship), “Psycho”, julukannya, ditunjuk sebagai kapten klub dan langsung memberikan dampak yang besar bagi timnya, dengan mencetak gol dalam debutnya melawan Watford.

Menjelang berakhirnya musim, sebuah rekor menantinya: Pearce ada di ambang catatan 100 gol di sepanjang kariernya. Ia pun bermain di pertandingan terakhir musim itu, yang akan menjadi pertandingan terakhir dalam kariernya, dan ia gagal mengeksekusi penalti di masa injury time. Tipikal.

Kazu Miura
Legenda sepakbola Jepang, Kazuyoshi Miura, merupakan pesepakbola tertua dalam daftar ini yang masih aktif bermain! Kazu merupakan satu dari sedikit pesepakbola Jepang di era 1980-an yang mengawali kariernya di level internasional. Dia melakukannya bersama klub elite Brasil, Santos.
Kazu kemudian malang-melintang bersama Palmeiras, Coritiba, Genoa, Dinamo Zagreb, hingga Sydney FC. Meski begitu dia juga jadi legenda Verdy Kawasaki dan timnas Jepang lewat 55 gol dari 89 caps.
Alih-alih segera mengakhiri kariernya saat bergabung dengan Yokohama FC pada 2006 di usia 39 tahun, “King Kazu” secara luar biasa masih bermain hingga detik ini dengan usianya yang sudah 51 tahun!
Pada 12 Maret 2017 lalu, Kazu bahkan sanggup mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang mencetak gol di kancah profesional pada usia 50 tahun 14 hari.

Gabor Kiraly
Penjaga gawang tim nasional Hungaria ini mencatatkan namanya di buku rekor ketika menjadi pemain tertua Piala Eropa 2016 lalu. Kiraly cukup dikenal para penggemar Liga Jerman dan Inggris berkat pengalamannya membela beberapa klub kelas menengah di dua negara tersebut. Hertha Berlin, 1860 München, Crystal Palace, dan Fulham pernah menggunakan jasa pemain berusia 41 tahun ini. saat ini ia masih menjadi klub andalan Hungaria, Haladas.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat