Chat with us, powered by LiveChat

Sayang Sekali, Para Bintang Lapangan Ini Absen di Turnamen Piala Dunia 2018

Sayang Sekali, Para Bintang Lapangan Ini Absen di Turnamen Piala Dunia 2018

Pada periode Piala Dunia yang ke-21 ini telah ditetapkan jika Rusia menjadi tuan rumah. Turnamen sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni dan babak finalnya pada 15 Juli 2018 mendatang. Kali ini menjadi masa paling seru dan ramai dimana ada 32 timnas negara turut andil menjadi peserta pertandingan sepak bola. Sudah pasti tiap negara menampilkan tim serta pemain terbaik agar bisa merebut gelar juara dunia dan menorehkan prestasi gemilang. Mulai dari mempersiapkan segala bentuk latihan fisik dan mental, menyusun strategi terbaik, formasi dalam tim, menyewa pelatih profesional sampai mendatangkan beberapa pemain anyar. Bahkan pada Piala Dunia tahun ini diramaikan pula dengan adanya legenda lapangan hijau yang turut bertanding seperti Lionel Messi, Neymar Jr, dan Critiano Ronaldo. Mereka semua mewakili negara kebanggaan masing-masing untuk mencetak sejarah baru dalam dunia olahraga sepak bola. Sementara itu beberapa negara juga sempat memilih para pemain belia namun potensial, bahkan ada yang umurnya masih 19 sampai 20 tahunan.

Adanya Regenerasi Pemain di Sebuah Tim

Sebagian negara mempunyai para pemain unggulan namun ada pula yang tidak. Agar peluang kemenangan makin besar maka mereka melakukan berbagai macam cara seperti regenerasi pemain. Dengan pemilihan yang selektif dianggap taktik terbaik memperkuat tim agar bisa mengalahkan negara lain, terutama yang dianggap kuat sekalipun. Salah satunya seperti tim nasional dari Inggris karena telah mendapuk seorang pemain baru bernama Joe Hart. Bahkan para pelatih mengaku sangat kesulitan serta terbebani ketika harus menunjuk para pemain untuk melaju ke Piala Dunia 2018. Hal ini juga dirasakan oleh Roberto Martinez, pelatih timnas negara Belgia yang bingung menentukan siapa saja pemain utama dalam tim. Mengingat nyaris semua anak didikannya punya prestasi dan potensi bagus namun ia tidak bisa mengikutkan semuanya dalam satu permainan. Pada akhirnya Roberto terpaksa mencoret Radja Nainggolan, salah satu pemain terkuat dan andalan tim Belgia.

Pemain Terbaik yang Tidak Bisa Bertanding Piala Dunia 2018

Selain regenerasi, terdapat pula alasan lain mengapa timnas harus melakukan pemilihan secara selektif. Salah satunya dikarenakan pemain tersebut mengalami cidera sehingga tak memungkinkan bergabung sama sekali. Jika dipaksakan maka dapat memengaruhi jalannya permainan atau bahkan merugikan tim itu sendiri. Sementara itu ada pula faktor lain yang dijadikan alasan bagi sang pelatih, misalnya saja salah seorang pemain tidak mampu mengimbangi peforma tim. Mungkin saja ia malah asik dengan diri sendiri, tidak memedulikan kerjasama, atau terlalu emosional ketika berada di lapangan. Hal ini tidak berarti permainan mereka buruk melainkan mencocokan karakteristik dan gaya bermainnya saja. Nah, di bawah ini adalah contoh bintang sepak bola yang terpaksa harus absen terlebih dahulu selama ajang Piala Dunia 2018.

  1. Radja Nainggolan
    Nama Radja Nainggolan kini selalu dibicarakan masyarakat dunia karena ia tidak ikut bertanding dalam Piala Dunia. Banyak penggemar menyayangkan keputusan timnas Belgia untuk tidak mengikutkan gelandang terbaik itu. Sebenarnya, alasan yang mendasari absennya Nainggolan yaitu karena tidak ada tempat baginya berada di timnas.
  2. Karim Benzema
    Karim Benzema adalah salah satu pemain yang mencetak goal perdana untuk Real Madrid di Liga Champions 2018. Akan tetapi namanya sudah tidak ada lagi sejak bulan Oktober 2015 lalu sehingga membuat dunia dan para pennggemarnya kebingungan. Benzema diberikan hukuman absen dalam laga Piala Dunia karena kasusnya dengan Mathieu Valbuena. Ia sendiri mengaku jika kesempatan bertanding kembali tidak mungkin didapatkan jika Didier Deschamps masih menjabat sebagai pelatih.
  3. Sergio Romero
    Selanjutnya ada pemain tim Argentina, Sergio Romero yang mengalami cidera cukup parah sehingga tidak mampu bertanding ke Piala Dunia 2018. Kipper Manchester United ini mengalami cidera pada bagian lutut saat sedang melakukan latihan bersama tim nasional Argentina pada akhir bulan Mei. Karena kondisi tak memungkinkan, Romero harus rela kehilangan tiga kali kesempatan berlaga di ajang besar impiannya. Meskipun dianggap tidak ada pengganti yang mampu menandingi Sergio Romero, namun timnas Argentinya memilih Nahuel Guzman sebagai kipper.
  4. Dani Alves
    Pemain sepak bola hebat ini tergolong senior namun tidak mampu hadir dalam Piala Dunia tahun ini. Ia mengalami cidera sama seperti Romero yaitu pada bagian lutut saat bertanding di babak final Piala Prancis. Hingga saat ini ia telah meng kuti sembilan turnamen dalam dua periode Piala Dunia yaitu 2010 dan 2014.
  5. Leroy Sane
    Nama selanjutnya yang absen dalam turnamen besar kali ini yaitu Leroy Sane. Ia tidak masuk dalam timnas Jerman karena sang pelatih, Joachim Low menganggapnya masih belum pantas. Bila dibandingkan dengan beberapa pemain Jerman lain, seperti Thomas Muller, Marco Reus dan Julian Draxler, Sane kalah dalam hal persaingan. Selain itu pertimbangan lain dikarenakan Sane menunjukan penampilan teramat buruk ketika melawan Austria dengan perolehan skor 1-2. Hal ini membuktikan jika ia tidak dapat mewakili tim nasional dalam turnamen besar.
  6. Nicklas Bendtner
    Tim nasional Denmark mempunyai pemain kebanggaan yang selalu menorehkan prestasi yaitu Nicklas Bendtner. Akan tetapi sang striker malah mengalami cidera dan tak kunjung pulih hingga sekarang. Bendtner sendiri telah mengalami cidera pada area pangkal paha ketika sedang melakukan pertandingan bersama Rosenberg. Karena tidak mau ambil resiko, Hareide pada akhirnya harus mencoret nama tersebut dari daftar pemain Piala Dunia 2018.
  7. Alex Oxlade Chamberlain
    Pemain malang lainnya yang tidak diperkenankan ikut Piala Dunia adalah Alex Oxlade Chamberlain. Timnas Inggris melakukan regenerasi para pemain, mengganti yang kurang kompeten bahkan merekrut anak didik baru berusia lebih muda. Gareth Southgate selaku pelatih Inggris mencoret nama Chamberlain karena ia menderita cidera seirius pada ligamen. Kejadian tersebut terjadi saat ia sedang melawan AS Roma dalam Semifinal Liga Champpions. Sayang sekali ia harus gagal merasakan bangganya bermain di lapangan Piala Dunia untuk pertama kallinya.
  8. Laurent Koescienly
    Dalam tim Perancis juga harus rela melepaskan salah satu pemain terbaiknya yaitu Laurent Koescienly. Bek berusia 32 tahun tersebut mengalami cidera sehingga tidak mampu bertanding menuju Piala Dunia. Padahal ia sempatmenjadi jagoan lapangan dan diandalkan oleh para penggemar karena berhasil membuat bangga negara Perancis. Ia harus mendapatkan perawatan intensif serta istirahat selama enam bulan penuh agar dapat pulih normal kembali. Sementara itu pelatih Didier Deschamps mengganti posisi Koescienly dengan mendapuk Samuel Umtiti dan Raphael Varane untuk mengisi bek tengah.

Tidak ada yang tau pasti mengenai kejadian yang akan atau sedang berlangsung dalam turnamen Piala Dunia 2018. Begitu banyak faktor memengaruhi pertandingan, seperti kondisi fisik pemain, cuaca, tekanan mental, kelelahan bahkan cidera sekalipun. Meskipun sudah dipersiapkan secara matang namun hal tersebut belum tentu menjamin menang atau kalahnya suatu timnas. Misalnya saja seperti para pemain handal yang sudah disebutkan diatas. Mereka sebelumnya menjadi kebanggaan tim atau negara masing-masing karena berhasil menorehkan prestasi bahkan sejarah panjang. Akan tetapi karena suatu kondisi tertentu harus rela melepaskan kesempatan bermain dalam Piala Dunia 2018, entah karena masalah, mengalami cidera, ataupun alasan kuat lainnya.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat