Chat with us, powered by LiveChat

Tak Selalu Bagus, Inilah Pemain Sepak Bola Paling Buruk dalam Piala Dunia

Tak Selalu Bagus, Inilah Pemain Sepak Bola Paling Buruk dalam Piala Dunia

Sebagian besar mayarakat dunia berpendapat kalau turnamen Piala Dunia pasti diisi oleh orang-orang terbaik. Tak hanya para pemainnya saja melainkan sang pelatih yang menjadi mata tombak sekaligus berperan penting bagi kemenangan tim nasionalnya. Bahkan setiap negara rela melakukan beragam usaha guna mendukung permainan mereka. Salah satunya seperti mengeluarkan dana besar untuk menyewa pelatih profesional, membeli para pemain baru yang handal, melengkapi fasilitas latihan dan lain sebagainya.

Karena hal tersebut maka muncul para pemain andalan dengan segudang prestasi. Mereka tidak hanya memberikan trofi beserta hadiah kemenangan saja melainkan kebanggaan yang tidak akan terlupakan sepanjang sejarah. Sebut saja nama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Maradona, Pele, Neymar Jr, Gary Lineker, dan lain sebagainya. Biasanya para pemain hebatakan diposisikan dalam lini terdepan, sebagai benteng pertahanan, atau striker karena dapat memaksimalkan permainan. Begitu pula dalam turnamen Piala Dunia dimana tiap peserta negara akan mengirim pemain dari timnas terbaiknya. Lebih diutamakan mereka yang sudah punya pengalaman dalam lapangan hijau, mencetak goal terbanyak maupun bentuk kemenangan lainnya. Akan tetapi, ternyata beberapa timnas juga seringkali mendatangkan pemain baru dan berusia belia yang mana belum pernah mengikuti ajang Piala Dunia sama sekali. Meskipun begitu ada beberapa hal yang dijadikan pertimbangan seperti potensi serta seberapa banyak mereka mencetak prestasi selama bergabung di suatu tim sepak bola tertentu.

Mengenal Latihan Para Pemain Piala Dunia

Salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan kemampuan para pesepakbola sekaligus mempersiapkan mereka menuju turnamen Piala Dunia yaitu latihan keras. Bentuk latihan tersebut fokus pada olah fisik, mulai dari pembentukan otot, kekuatan, kecepatan, dan lain sebagainya. Persiapan tersebut dilakukan sejak jauh-jauh hari bahkan selama kiprah para pemainnya dalam dunia sepak bola berlangsung. Nah, beberapa model latihan tersebut diantaranya:

  1. Lateral Lunge with Reach
    Gerakan yang satu ini hampir mirip seperti reverse lunge namun mengoptimalkan pinggul dan dada. Tujuan latihan ini adalah supaya para pemain Piala Dunia mampu berlari cepat saat sedang berlaga di lapangan.
  2. Mini –Band External Rotation
    Tujuan dari latihan ini yaitu memaksimalkan otot glutes dimana begitu penting digunakan ketika berlari.
  3. Linear Hurdle Hop
    Gerakan ini membantu pemain melakukan lompatan ketika berlari di lapangan, misalnya untuk mengoper, menendang, dan meggiring bola. Selain itu, fungsi lainnya yaitu untuk mengurangi resiko terjadinya cidera parah.

Tak hanya latihan fisik saja melainkan para pemain Piala Dunia harus mengikuti persiapan mental. Pasalnya selama bertanding banyak fakor penghambat kemenangan, seperti cuaca, tekanan, sulit konsentrasi, kondisi fisik dan lain sebagainya. Apabila mereka tidak terbiasa menghadapi hal tersebut maka bisa menganggu jalannya permainan karena belum bisa menemukan solusi untuk menanganinya. Disamping itu menjaga pola makan para atlet merupakan hal penting selanjutnya. Biasanya sang pelatih sudah bekerjasama dengan ahli gizi ataupun instruktur kesehatan lainnya untuk menetapkan asupan makanan, pola diet dan lain sebagainya.

Tak Selalu Dilengkapi dengan Pamain Terbaik

Ajang Piala Dunia memang selalu diwarnai dengan aneka macam hal menarik bahkan mengejutkan. Meskipun telah diberikan fasilitas terbaik ditambah dengan program latihan maksimal namun tidak semua pemain mengalami perkembangan yang sama. Mungkin masih banyak masyarakat mengira jika semua pemainnya merupakan orang hebat dan mempunyai keunggulan tersendiri. Akan tetapi hal tersebut tidak selalu benar karena beberapa dari mereka malah dicap sebagai pemain paling buruk sampai dibenci oleh sang pelatih, rekan tim dan para penggemarnya. Adapun beberapa nama tersebut dianntaranya sebagai berikut:

  1. Andres Escobar
    Andres Escobar merupakan pemain asal tim Kolombia yang melangsungkan turnamen Piala Dunia tahun 1994. Pada saat itu Kolombia tengah melawan sang tuan rumah yaitu Amerika Serikat dan kalah dalam skor 2-1. Alasan utama kekalahan tersebut dikarenakan goal bunuh diri dari Escobar sehingga Kolombia harus angkat kaki dari babak final. Setelah itu dirinya ditemukan tewas karena dibutuh salah satu fans bernama Munoz setelah pulang dari sebuah klub malam.
  2. Moacir Barbosa
    Selanjutnya nama Moacir Barbosa menjadi pemain paling buruk sepanjang sejarah Piala Dunia. Pada saat itu Brazil menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950 dimana Barbosa turut melengkapi timnas mereka. Akan tetapi selama pertandingan ia malah bermain secara tidak maksimal sehingga mengkibatkan kekalahan besar. Sebagai tuan rumah, para fans Brazil merasa kecewa dan menyalahkan Barbosa sebagai pembawa sial. Bahkan sepanjang hidup kipper Brazil tersebut begitu menderita karena tidak pernah diterima oleh tim serta tempat latihan manapun. Akhirnya ia meninggal pada tahun 2000, bertepatan saat 4 hari setelah ulang tahunnya.
  3. Roberto Baggio
    Baggio pernah menjadi seorang pemain terbaik untuk tim Italia karena mencetak skor terbanyak saat pertandingan bola. Akan tetapi ketika bertanding melawan Brazil, kemampuannya menurun drastis dengan skor seri 0-0 sama. Ketika pada saat melakukan adu penalti antara kedua tim, Baggio melakukan kesalahan sehingga banyak orang menganggapnya sial dan menjadi pemain terburuk.
  4. Diego Costa
    Pemain yang stau ini merupakan penyerang andalan Spanyol dimana sempat menjadi sorotan publik. Sayangnya Costa membuat negara tersebut tidak bisa lolos dari Grub B dan kalah dari lawannya, Belanda dengan total skor 5-1. Sementara itu Spanyol juga telah kalah ketika berhadapan dengan Chile dengan goal 2-0. Kemudian Diego Costa dianggap sebagai dalang bahkan pembawa sial karena tidak mampu mencetak goal selama pertandingan tersebut berlangsung.
  5. Frank Rijkard
    Frank berasal dari Belanda yang bermain dalam laga Piala Dunia tahun 1990. Pemain ini telah membuat malu tim nasional negaranya karena suatu insiden tak terduga. Pada babak 16 besar diantara Belanda melawan Jerman, Frank membuat perselisihan dengan Rudi Voller. Tiba-tiba ia menyerang dan menjatuhkan Voller setelah itu meludahi pemain Jerman Barat tersebut. Frank mendapatkan kartu kuning sekaligus merah karena di tengah permainan juga menjewer telinga Voller.
    6. Iker Casillas
    Casillas adalah kipper dari Spanyol yang sangat lihai serta memiliki banyak prestasi. Pada saat kejuaraan Piala Dunia 2010, ia bahkan sempat diberikan gelar sebagai penjaga gawang terbaik sehingga begitu populer dan mempunyai banyak fans. Akan tetapi pada turnamen periode berikutnya, kemampuan Casillas menurun bahkan dijadikan sebagai pemain paling buruk dari Spanyol. Ini dikarenakan ia telah kebobolan 7 goal sekaligus sehingga membuat timnas negara tersebut kalah dalam Piala Dunia.

Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, termasuk para pemain Piala Dunia. Meskipun mereka telah mendapatkan beragam jenis fasilitas terbaik dan lengkap tetapi tidak selalu menjamin kemenangan. Sayangnya turnamen ini dianggap begitu penting bahkan sakral hingga beberapa pihak langsung menyalahkan ketika ada pemain yang melakukan sedikit kesalahan kecil saja. Bahkan mereka tidak ambil pusing ketika harus melakukan tindakan tegas seperti mencoret bahkan mengeluarkan para pemain yang dianggap merugikan.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat